oleh

PT GMM Jajaki Kerja Sama Dengan Petani Tebu

-Blora-45 views

METROPOS.ID, BLORA – Pabrik Gula (PG) PT Gendhis Multi Manis (PT GMM) Bulog di Ds. Tinapan, Kec. Todanan, berencana melakukan kerja sama dengan petani lokal. Untuk diketahui, kerja sama yang akan dilaksanakan tersebut sebelumnya belum pernah dilakukan oleh PT GMM Bulog.

Direktur Operasional PT GMM Bulog, Ihsan, menyampaikan, sebelum melakukan kerja sama penuh, pihaknya bakal melakukan penjajagan terlebih dahulu.

“Kami akan coba 200 hektare dulu. Kalau semua lancar, penjajagan akan dimulai tahun ini,” ungkapnya, Rabu (2/8/2020).

Nantinya, kata dia, bibit dan perawatan disediakan oleh perusahaan. Sedangkan tenaga kerja diserahkan sepenuhnya kepada petani. Dengan harapan, hasil panen dijual kepada perusahaan.

Akan tetapi, pihaknya masih melakukan kajian terkait risiko kedepan.

“Sebab, kadang kala petani masih mendua. Mereka (petani) bisa jadi menjual kepada pabrik lain. Jadi membutuhkan pengawasan yang ketat,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, untuk memenuhi kebutuhan target giling 498.050 ton tebu, PT GMM Bulog membutuhkan lahan seluas 7.000 hektare.

“Sementara, lahan pertanian tebu di Blora seluas  3.800 hektar masih belum mencukupi,” ujarnya.

Lalu untuk menutup kekurangan tersebut, pihaknya mengambil tebu dari petani sekitar Kab. Blora. Seperti Kab. Rembang, Kab. Sragen dan Kab. Grobogan.

Utamanya di Kab. Sragen, kata dia,  sekarang ini menjadi rebutan antara PT GMM dengan satu perusahaan lain.

Diakui, untuk mendapatkan tebu harus melakukan perang harga. Sebab, yang membeli tebu bukan hanya dari PT GMM Bulog.

“Tapi kami juga harus harus melihat, apakah kompetitor sudah berhenti atau masih berlanjut. Jangan sampai dengan perang harga tebu, justru merusak harga gula,” tandasnya.

Dia menambahkan, PG PT GMM Bulog, yang memiliki kemampuan giling 6.000 Tcd (6.000 ton) tebu perhari. Dengan kapasitas giling tersebut, diperkirakan pertengahan September ini proses giling tebu sudah selesai. (Sam/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed