oleh

Pj. Bupati Brebes Apresiasi Pengelolaan Baznas Akuntabel Dan Profesional

-Brebes-0 views

Pj. Bupati Brebes saat membayarkan zakat di Baznas.(ft.humas)

METROPOS.ID || Brebes – Akuntabilitas Baznas Brebes dalam pengelolaan zakat infak dan shodaqoh sesuai dengan program mendapat apresiasi Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar, SH M.Hum. Sehingga semakin manambah kepercayaan masyarakat Brebes dengan pengelolaan Baznas yang profesional.

Iwan juga berterima kasih kepada masyarakat Brebes atas kesadaran tinggi dalam membayar zakat kepada Baznas Kab. Brebes. Terutama kepada ASN (Aparatur Sipil Negara) yang sudah semenjak dulu telah membayar zakat lewat Baznas.

“Sebagai lembaga yang telah mendapat legitimasi dari undang-undang, BAZNAS harus tanggap dan peduli terhadap permasalahan kemiskinan ekstrim dan kesenjangan sosial yang ada di tengah masyarakat khususnya di Kab. Brebes,” ujar Iwanuddin Iskandar saat membuka Rakor (Rapat Koordinasi) Baznas Brebes di Aula Gedung KPT, Senin (25/3/2024).

Saat itu juga, Iwanuddin bersama Sekda Brebes Ir. Djoko Gunawan, MT didampingi Ketua Baznas Brebes, Asisten Sekda membayarkan zakat 2,5 persen penghasilannya. Baznas juga menerbitkan Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) Pj. Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar dan Sekda Brebes Djoko Gunawan. Pj. Bupati juga menyerahkan bantuan untuk Kec. Wanasari bantuan kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk perwakilan marbot masjid dan bantuan Material Huntara (Hunian Sementara) untuk Desa Sridadi, Kec. Sirampog, Brebes.

Ketua Baznas Kab. Brebes Abdul Haris mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Brebes dan seluruh jajaran yang telah bersinergi dan mengimbau PNS nya untuk berzakat melalui Baznas Brebes. Tujuan digelarnya Rakor untuk menjalin silaturahmi antara BAZNAS dengan pengurus UPZ, juga untuk meningkatkan sinergitas dan mendorong UPZ, mulai dari pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan.

“Alhamdulillah, Baznas Brebes berhasil mengumpulkan zakat, infak, dan sedekah tahun 2023 terkumpul sebesar Rp9,2 miliar,” ungkap Haris melalui rilis tertulis Rabu (27/3/2024).

Untuk pentasyarufan berupa program Brebes Cerdas (pendidikan), Brebes Peduli (Bencana), Brebes Ekonomi (Zakat Produktif), Brebes Takwa (Bidang Keagamaan), Brebes Sehat adanya RSB dengan bantuan pembiayaan kesehatan.

Pada tahun 2024 ini kami memiliki target Pengumpulan ZIS sebesar Rp 12 Miliar setahun atau jika dibagi 12 menjadi sekitar Rp1 Miliar; perbulan. Untuk itu, pihaknya mohon doa restu dan dukungan dari seluruh pihak guna mensukseskan tercapainya target tersebut sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantu.

BAZNAS mengajak para pengurus UPZ untuk mensosialisasikan dan terus mengingatkan kewajiban zakat kepada para pegawai di satuan kerja masing-masing. Diharapkan seluruh penghasilan para ASN baik itu gaji rutin, TPP atau Tunjangan kinerja maupun penghasilan lain pegawai untuk dapat ditunaikan zakatnya, syukur bisa diserahkan BAZNAS semua.

Rakor diikuti Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Tahun 2024, Penjabat Bupati Brebes, Sekda Brebes, jajaran Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, para Kepala OPD, Kepala Badan, Bagian di lingkungan pemkab Brebes, para Camat serta instansi vertikal, dan lembaga terkait lainnya. (ags/red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed