oleh

KPU Boyolali Kekurangan Surat Suara

-News-138 views

Metropos.id,Boyolali – Pelaksanaan Pemilu kurang 4 hari lagi, namun surat suara untuk DPRD Kabupaten dan Provinsi masih kurang banyak.Terkait kekurangan surat suara itu, KPU Boyolali, mensortir ulang surat suara yang telah disortir beberapa waktu lalu untuk mencukupi kebutuhan surat suara. Kalau hanya mengandalkan kiriman ulang dari KPU Pusat tak mungkin, sebab kapan datangnya juga belum pasti.

Menurut Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin penyortiran surat suara ulang ini untuk mencukupi kebutuhan pencoblosan 17 April mendatang. Hal itu sengaja dilakukan mengingat masih terdapat kekurangan surat suara.
Meski mengalami kekurangan, namun pihaknya belum bisa menyebutkan jumlah kekurangan surat suara tersebut.

“Belum kami rekap. Tapi yang jelas saat pencoblosan nanti tak ada kekurangan surat suara,” jelasnya.

Ali mengatakan, kekurangan surat suara tersebut sebenarnya sudah dimintakan tambahan dari KPU Pusat. Namun hingga saat ini perusahaan percetakaan surat suara ini belum bisa mengirim surat suara tersebut.

Untuk itu, pihaknya meminta surat suara yang telah tersortir beberapa waktu lalu dilakukan pengulangan untuk mencukupi kebutuhan pokok surat suara. Kemudian, apabila surat suara tambahan datang, sebagian besarnya akan digunakan untuk surat suara cadangan.

“ Yang penting ini (Surat suara) sesuai DPT (Daftar Pemilih tetap) terpenuhi dulu,” jelasnya.

Terlihat pada Jumat (12/4/2019) kemarin di Gudang 2 KPU Boyolali, beberapa orang yang semunya kaum perempuan melakukan pensortiran dan pelipatan surat suara. Menurut para tenaga sortir dan pelipat surat suara yang merupakan warga sekitar gudang KPU ini, Surat suara ini merupakan hasil sortiran surat suara beberapa waktu lalu.

Surat suara yang tak terlipat saat itu kembali dibuka lalu dipilih yang masih bagus untuk dilipat. Misalnya hanya ada bercak sedikit diluar kolom nama Caleg masuk dalam kategori surat suara baik dan kemudian dilakukan pelipatan. Begitu juga dengan kotoran debu yang tak begitu kusam pada belakang kolom masih masuk dalam ketegori baik.

“Hari ini surat suara yang baik untuk pemilihan Caleg DPRD Provinsi ada sebanyak 28.794 lembar. Kemudian yang rusak hanya ada 2.103 lembar,” kata seorang pengawas penyortiran dan pelipatan surat suara dari pegawai Serkertariat KPU Boyolali.(Mul/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed