oleh

Persoalan Tanah Urut Sewu Selesai, KSAD Terima Sertifikat Aset Tanah

METROPOS.ID, SEMARANG – KSAD (Kepala Staf TNI AD) Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D. menerima secara langsung Sertifikat Hak Pakai Kementerian Pertahanan cq. TNI AD di tahun 2020 dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Dr. Sofyan A. Djalil, S.H., M.A., M.ALD. di Aula Makodam IV/Diponegoro, Rabu (12/8/2020).

Diharapkan dengan terselesaikannya permasalahan pertanahan di wilayah Urut Sewu, Kab. Kebumen ini menjadi best practise untuk penyelesaian permasalahan Aset Tanah TNI AD di wilayah lain.

“Kami berterimakasih atas perhatian dan dukungan dari bapak Menteri sehingga legalitas aset berupa tanah di Ambal kemudian Bulus Pesantren dengan Mirit ini kemudian bisa diberikan kepada TNI AD”, ungkap Kasad.

Terkait pemanfaatan tanah tersebut Kasad menjelaskan tidak hanya akan digunakan untuk kepentingan TNI AD, namun warga setempat juga masih bisa menggunakannya.

“Ini suatu pemikiran yang luas, tidak sektoral, kami mikirin semuanya yang penting semuanya winners, win-win solution, semua pemenang pak”, imbuh Jenderal Andika.

Walaupun tanah ini milik TNI AD namun penggunaannya tidak twenty four seven. Sehingga misalkan tanah itu memiliki marginal utility yang lebih besar untuk mendukung pertumbuhan perekonomian, TNI sangat terbuka untuk saling bekerja sama. Yang terpenting adalah secara legalitas tidak ada pelanggaran di dalamnya.

“Jadi secara administrasi, tata kelola keuangan negara maupun barang milik negara sempurna, nggak ada yang dirugikan, nggak ada temuan di BPK, nggak ada dugaan penyalahgunaan oleh kami, tapi di saat bersamaan masyarakat setempat juga bisa menikmati nilai dari aset ini, itu yang lebih penting pak, dan saya sangat terbuka karena saya pro growth, saya pro pertumbuhan daerah” tegas Kasad.

Jadi semangat TNI dalam hal ini adalah memberikan kontribusi kepada semua pihak baik Pemkab, Pemprov maupun Pemerintah Pusat.

“Salah satu kontribusi kita kepada Pemkab, Pemprov dan pemerintah pusat adalah bagaimana membuat setiap petak, setiap meter persegi tanah di Jateng dalam hal ini di Ambal, di Mirit, di Bulus Pesantren itu benar-benar punya nilai tambah untuk semuanya”, pungkas Kasad.

Nampak hadir dalam kegiatan penyerahan ini, Wagub Jateng Taj Yasin beserta jajaran Forpimda Provinsi Jateng, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si. beserta pejabat di lingkungan Kodam IV/Diponegoro., Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz, beserta Forpimda, dan Jajaran Kanwil BPN Provinsi Jateng. (Awg/Dam/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed