oleh

DPT Tahun 2020 Sebanyak 1.114.536 Jiwa, Telah Di Tetapkan KPU Grobogan

METROPOS.ID, GROBOGAN – Sebanyak 1.114.536 jiwa penduduk Kab. Grobogan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dan di putuskan serta di tetapkan oleh KPU Grobogan di Aula KPU Grobogan, Senin (12/10/2020).

Selain Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo ada 4 komisioner, serta perwakilan Tim Pemenangan Sri-Bambang, Yoyok Prihantoro, perwakilan Bawaslu Grobogan, Sakta Abaway, dan para PPK se Kab. Grobogan.

Adapun jumlah DPT tersebut terdiri dari 553.792 laki-laki dan 560.774 perempuan. Jumlah tersebut masing-masing kecamatan diungkapkan ketua PPK dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilbup Grobogan 2020.

Pada kesempatan itu Komisioner KPU Grobogan, M. Machruz menjelaskan dari jumlah DPT tahun ini mengalami penurunan. Pada tahun sebelumnya, jumlah DPT dalam Pemilu Legislatif dan Pilpres yaitu 1.122.269 jiwa.

“Terjadi penurunan sebanyak 7.733 jiwa. Jumlah DPT 2020 yang ditetapkan yaitu 1.114.536 dan TPS sebanyak 2.971 ini nantinya sebagai acuan untuk tahapan-tahapan selanjutnya, seperti logistik dan pemungutan suara,” jelasnya.

“Sedangkan proses peyusunan DPT terbagi dalam beberapa tahapan seperti pencermatan mandiri DP4 yang turun dari KPU RI, kemudian dilanjutkan dengan coklit secara door to door, dan terakhir dengan forum uji publik bersama masyarakat ditingkat desa. Dari tahapan-tahapan yang memakan waktu tidak sebentar itu dapat menghasilkan data pemiilih yang lebih berkualitas,” ungkap Machruz.

Lebih lanjut Machruz menjelaskan, sewaktu pengumuman DPS dan penyusunan DPSHP, pihaknya sudah memverifikasi tanggapan Bawaslu dan sudah ditindaklanjuti dengan memastikan data potensi MS dan TMS tersebut sudah dipastikan pemilih MS masuk di DPT dan pemilih TMS tidak masuk di DPT.

Untuk itu dengan penetapan DPT ini, pihaknya berharap dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati – Wakil Bupati Grobogan, 9 Desember 2020, warga yang mendapatkan hak pilih untuk ikut menyukseskan pesta demokrasi warga Grobogan.

“Kami berharap, warga Kab. Grobogan yang sudah mendapatkan hak pilih agar ikut menyukseskan Pilbup Grobogan dengan datang ke TPS pada 9 Desember 2020 mendatang,” pungkasnya. (Awg/MC/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed