oleh

Tumbuhkan Budaya Literasi Di TMMD Reguler ke-109 Kodim 0713/Brebes

METROPOS.ID, SEMARANG – Pesatnya kemajuan teknologi, seperti menjamurnya telepon pintar semakin membuat kita jauh dari kegiatan membaca dan kegiatan lain yang lebih mendatangkan manfaat positif. Padahal membaca lebih memperkaya pengetahuan serta meningkatkan kreativitas dan juga mampu membentuk karakter. Untuk itu menumbuhkan minat baca untuk warga masyarakat akan mempermudah mewujudkan budaya literasi ke depannya.

Tapi tidak lah mudah  mengimplementasikan kegiatan positif  tersebut. Cara sederhana yang dilakukan anggota Satgas TMMD Reguler ke-109 Kodim 0713/Brebes yaitu dengan membawakan surat kabar dari berbagai media untuk dibaca warga di lokasi sasaran TMMD.

Salah satunya Sertu Eko Nuhyoto, Babinsa Kalinusu, Koramil 08/Bumiayu, Kodim 0713/Brebes, yang dalam beberapa kesempatan berinisiatif membawakan koran untuk dibaca warga. Dijelaskannya bahwa apa yang dilakukannya itu untuk menumbuhkan kebiasaan masyarakat setempat agar timbul minat membaca sehingga tahu perkembangan dunia luar.

“Distributor koran belum sampai kemari karena harus menyebrang rakit melewati sungai Pemali untuk sampai ke Kedung Kandri dari Ds./Kec. Bantarkawung,” jelasnya.

Kini Satgas TMMD Reguler ke-109 Kodim 0713/Brebes berhasil membuat jalan tembus, untuk akses satu dusun yang terisolir yaitu Dsn. Kedung Kandri di Ds. Kalinusu, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes, berupa jalan sepanjang 1,6 kilometer lebar 4-6 meter.

Mayoritas masyarakat Dsn. Kedung Kandri berprofesi sebagai petani dan buruh tani, dan keterisoliran sebelumnya menyebabkan masih banyak yang berhenti sekolah di tingkat SD dan SLTP. Eko berharap agar sejumlah koran yang dibawanya itu dapat menggugah minat mereka untuk gemar membaca.

Sementara itu Wasrip (57), Ketua RT 01/RW. 01, setempat mengapresiasi anggota Satgas TMMD Reguler 109 Brebes, atas motivasi gemar membaca di dusunnya itu.

“Saya mewakili 100 kepala keluarga di Dsn. Kedung Kandri, mengucapkan banyak terima kasih, Karena selain sudah diberikan jalan baru pendekat ke desa kami, kami juga ditunjukkan bahwa dusun kami sedang ramai diberitakan di media cetak,” ungkapnya mengapresiasi.

Terpisah Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Kav Susanto, S.I.P., M.A.P, bahwa tugas ini merupakan panggilan diri sendiri, melihat lokasi yang berada di pelosok desa dan terbatasnya akses jalan di lokasi tersebut, Senin, (12/10/2020).

“Dengan TMMD ini tentunya dapat merubah wajah Ds. Kalinusu menjadi desa yang lebih maju dan sejahtera, mengapa demikian?  Karena salah satu sasaran fisik Satgas ini adalah membuka jalan setapak dari Dk. Karanganyar menuju Dk. Karang Kandri sehingga akses kedua Dukuh tersebut lancar,” tutupnya. (Awg/Dam/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed