oleh

Ini Pesan Kasdam IV/Dip Saat Isi PKKMB UNS

Kasdam bersama jajaran yang lain saat di UNS (Foto pendam4/Dip)

Metropos.id, Surakarta – Bertempat di Gedung Auditorium Haryo Mataram UNS, Jl. Ir. Sutami Jebres, Surakarta, Kasdam IV/Dip Brigjen TNI Parwito ingatkan pentingnya Wasbang (Wawasan Kebangsaan) dihadapan 10.200 mahasiswa baru, saat mengisi PKKMB UNS (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Sebelas Maret) TA. 2022, mewakili Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Widi Prasetijono, Sabtu (13/8/2022).

Dengan tema “Bersama Pemuda Membangun dan Mempertahankan NKRI”.

Dalam sambutannya Kasdam menyampaikan materi Wasbang guna menggugah jiwa nasionalisme para mahasiswa untuk lebih cinta kepada NKRI, sekaligus sadar akan besarnya potensi yang dimiliki oleh negara Indonesia. Karena jika ditelaah, Indonesia memiliki segudang kekayaan alam yang berlimpah yang tidak dimiliki negara lainnya, sehingga jika tidak diolah dengan baik dapat menimbulkan ancaman kedepannya.

“Walaupun kita mempunyai modal untuk menjadi negara besar, tetapi tidak menutup kemungkinan akan adanya ancaman dari luar maupun dalam untuk menghalangi Indonesia menjadi negara maju,” ucapnya.

Contoh nyata ancaman yang saat ini masih menghambat kemajuan Indonesia yakni masih adanya kelompok separatis di Papua maupun di wilayah lainnya yang ideologinya menyimpang dari Pancasila, termasuk banyaknya beredar berita hoaks yang dapat menimbulkan perpecahan sehingga mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu pentingnya pemahaman Wasbang harus ditanamkan kepada generasi penerus bangsa sejak dini, karena kedepan laju bangsa Indonesia akan ditentukan oleh generasi muda yang sekarang.

“NKRI itu terbentuk dari beragam latar belakang dan perbedaan, maka ini harus kita ikat menjadi satu kesatuan dengan dasar rasa senasib dan sepenanggungan sehingga NKRI akan tetap tegak. Termasuk dalam membela tanah air yang kita cintai ini dari segala macam ancaman,” ujarnya.

Untuk itu Kasdam berpesan agar para mahasiswa belajar dengan sungguh – sungguh, agar kedepan Indonesia memiliki kader – kader penerus bangsa yang berkualitas, memiliki pengetahuan yang luas, attitude yang baik, bertanggung jawab dan tidak mudah menyerah.

“Jangan mudah menyerah, karena tidak ada keberhasilan diraih secara instan. Tumbuhkan semangat juang dalam tiap masing – masing mahasiswa dan jangan pernah lelah mencintai Indonesia. Pastikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa pemenang,” pinta Kasdam.

Selain Kasdam, acara tersebut juga menghadirkan beberapa pembicara, seperti Kasrem 074/Warastratama Letkol Inf Agus Adhy Darmawan,S.I.P.,M.I.Pol., Wakapolresta Surakarta AKBP Gatot Yulianto,SIK.MHP., serta Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Nadiem Anwar Makarim B.A.,M.B.A., Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko S.I.P., dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Brigjen Pol Ahmad Nurwahid yang dilakukan via Video Conference.(@wg/pendam4/Dip/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed