oleh

Upacara Virtual Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2023 Dihadiri Pangdam IV/Dip

Saat upacara secara virtual digedung Gradhika Bhakti Praja, Jl. Pahlawan, Semarang (Foto pendam4/Dip)

Metropos.id, Semarang – Upacara Detik-Detik Proklamasi Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 secara virtual dari Istana Merdeka digelar di gedung Gradhika Bhakti Praja, Jl. Pahlawan, Semarang dihadiri Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Widi Prasetijono bersama Forkopimda Jawa Tengah, Kamis (17/8/2023).

Secara terpusat upacara yang digelar Sekretariat Presiden dipimpin Presiden Joko Widodo dari Istana Merdeka Jakarta, yang melibatkan ribuan masyarakat umum baik melalui video conference maupun hadir langsung secara fisik dalam jumlah terbatas.

Sementara itu, para Prajurit dan PNS di jajaran Kodam IV/Dip juga mengikuti upacara pengibaran bendera peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Th. 2023 di Makodam IV/Dip.

Adapun Kapendam IV/Dip Kolonel Inf Richard Harison mengungkapkan bahwa, maksud dan tujuan kegiatan upacara dan perayaan HUT kemerdekaan RI antara lain adalah untuk mengingatkan kembali kepada seluruh lapisan masyarakat bahwa kemerdekaan Indonesia diraih dari hasil perjuangan bersenjata dengan pertaruhan nyawa.

“Untuk itu, jiwa kejuangan yang menjadi karakter bangsa Indonesia harus dipertahankan dan dikembangkan untuk mengisi kemerdekaan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab kita,” ujarnya.

Tema pada peringatan HUT ke-78 yaitu “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” mencerminkan semangat dan tekad bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan masa depan. Tema ini juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melanjutkan pembangunan dengan semangat estafet, yaitu saling bekerja sama, berkolaborasi, dan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama.

“Kemerdekaan Indonesia tidak boleh disia-siakan dan harus terus dipertahankan dengan jujur, tanggung jawab, dan cerdas. Tema ini juga mengingatkan bahwa perjuangan bangsa Indonesia belum berakhir dan masih banyak tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan bersama-sama, Dirgahayu Republik Indonesia,” ucap Kapendam.

Nampak hadir Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, S.H, M.I.P, Kapolda Jateng, Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St, M.K dan Forkopimda Jawa Tengah. (@wg/pendam4/Dip Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed