oleh

445 PPPK Guru Di Kab Pekalongan Ikuti Kegiatan Orientasi

Sekda Kab. Pekalongan M. Yulian Akbar saat membuka orientasi ASN P3K (Ft Kermit)

METROPOS.ID II Kajen – Sebanyak 445 ASN P3K (Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja) Formasi Jabatan Guru dari Dindikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) Kab. Pekalongan ikuti kegiatan orientasi yang digelar Pemkab. Pekalongan di Pendopo Bupati Pekalongan, Senin (6/11/2023) pagi.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Pekalongan diwakili Sekda Kab. Pekalongan, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, inspektur, para Kepala OPD terkait dan tamu undangan lainnya.

Bupati Pekalongan dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Kab. Pekalongan M. Yulian Akbar, menekankan bahwa kegiatan orientasi itu merupakan langkah awal dalam membangun fondasi yang kuat sebagai ASN. Untuk itu, Ia mendorong P3K yang hadir untuk mengikuti kegiatan dengan serius, karena ini bukan hanya seremoni belaka, melainkan sebuah momentum yang penting dan strategis.

Lebih lanjut, Bupati menggaris bawahi pentingnya memahami dan memperkuat komitmen bersama, yaitu pelayanan kepada masyarakat Kab. Pekalongan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Bupati juga menyampaikan pentingnya pemahaman yang mendalam mengenai regulasi dan pelaksanaan UU ASN, karena dalam membangun birokrasi, faktor regulasi dan manajemen memiliki peran krusial.

“Hal ini harus diawali dengan pemahaman mendalam terkait pengaturan dan turunan dari UU ASN, karena membangun bukan hanya masalah anggaran, tetapi juga tentang regulasi dan manajemen yang efektif. Dengan hampir 9000 ASN, mari kita bersama-sama mengembangkan potensi dan kapasitas dalam diri kita, terus belajar, seperti melalui diklat atau pembelajaran online, dan terus meningkatkan profesionalisme kita,” ujarnya.

Bupati menegaskan bahwa semua ASN memiliki hak yang sama untuk pengembangan potensi mereka. Selain itu, ia mendorong semua ASN untuk memahami etika kerja, nilai-nilai ASN, dan berkomitmen pada aturan serta regulasi yang ada.

Dalam kesempatan ini, Bupati melalui Sekda Akbar sekaligus menekankan fokusnya pada sektor pendidikan.

Ia menekankan pentingnya mencegah kekerasan terhadap siswa di lingkungan sekolah dan mencerdaskan warga Kab. Pekalongan.

“Saya minta ikuti dengan baik, pahami dengan baik terkait dengan value, nilai yang ada di Pemkab Pekalongan, pahami dengan baik etika-etika birokrasi dan profesi, kokohkan Kembali komitmen pendidik dalam mencerdaskan warga Kab. Pekalongan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Sekretaris BKPSDM Kab. Pekalongan, Endang Tri Adyaksi Kusuma Dewi, menjelaskan bahwa rekrutmen ASN P3K dilakukan sebagai upaya akselerasi dalam meningkatkan kapasitas organisasi pemerintah dan mencapai tujuan Pembangunan.

Ia menegaskan bahwa kegiatan orientasi ini diwajibkan bagi ASN P3K sebagai langkah pengembangan kompetensi.

“Orientensi dimaksudkan untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi sehingga diharapkan dapat mewujudkan ASN P3K yang lebih handal dalam melayani Masyarakat dan berkinerja dengan baik sesuai dengan tupoksinya secara professional tentunya dengan tetap berspirit semangat pengabdian kepada Masyarakat dan melayani bangsa,” tegasnya.

Ia menuturkan bahwa dalam kegiatan orientasi tersebut para peserta akan menerima materi yang telah disusun sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Materi ini mencakup beberapa aspek penting, termasuk penjelasan mengenai tugas dan fungsi ASN, yang telah disampaikan melalui aplikasi Massive Open Online Courses (MOOC) yang difasilitasi oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) pada tanggal 9-23 Oktober 2023.

Tak hanya itu tapi ada pula materi terkait pengenalan nilai dan etika instansi, mencakup informasi tentang struktur organisasi, jabatan, tanggung jawab jabatan, manajemen kinerja, dan penerapan fungsi serta tugas ASN P3K di tempat kerja. Semua materi ini disusun dengan berlandaskan pada nilai inti ASN yang berakhlak.

“Metode untuk pengenalan nilai etika dan instansi yang dimaksud, akan dilakukan secara blended learning secara system daring zoom meeting tanggal 7-9 november 2023 dan system luring atau orientasi langsung dilapangan tanggal 10-17 november 2023,” pungkasnya. (Mit/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed