oleh

Guru Kimia Sidoarjo Belajar Olah Bbm di Cepu

-News-147 views

Metropos.id,Blora – Laboraturium Kilang Pengolahanan Bahan Bakar Minyak (BBM), milik Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM) Migas, Kementerian ESDM, di Cepu, menjadi tujuan guru Kimia Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.

Sebanyak 35 orang guru tergabung dalam Musyarawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia SMA/MA Kabupaten Sidoarjo, belajar tentang pengolahan BBM dan gas bumi.

“Selama ini hanya teori yang kami ajarkan. Jadi kami disini ingin melihat langsung prosesnya, sebagai bahan pembelajaran nanti di sekolah,” kata Gunawan salah seorang Pembina MGMP Sidoarjo, Senin (15/4/2019).

Selama 3 jam tersebut, para guru selain diberikan penjelasan terkait data teknis kilang, juga beragam teori dasar kimia analitik baik organik dan anorganik. Lalu analisis Gas Chromatografi, Ultra Violet- Visibel, X-Ray, AAS (Absorbent Atomic Spectrometer), ICP-EAS.

“Pada Laboratorium Minyak Bumi kami jelaskan terkait analisis BBM NP (Bahan Bakar Minyak Non Penerbangan), BBM P (Bahan Bakar Minyak Penerbangan, dan Pelumas,” kata Suharno, Manager Lab Kimia dan Lindungan Lingkungan.

Usai kunjungan, Teguh Santoso, Perwakilan anggota MGMP Kimia Kabupaten Sidoarjo, menyampaikan rasa terima kasih bisa diterima berkunjung dan berkesempatan belajar di PPSDM Migas Cepu. Sebelumnya, banyak teori yang dipelajari dari buku.

“Pada kesempatan ini, diberikan penjelasan secara langsung tentang pengolahan minyak. Setidaknya kami punya gambaran,” tuturnya.

Harapan lebih besar, kata dia, ada pembangunan kilang lebih di dalam negeri. Supaya minyak bisa diolah didalam negeri dan tidak pelu impor BBM.

“Selain itu, bisa menyerap tenaga ahli dari dalam dan membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat,” pungkasnya.(Fa/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed