oleh

Pemkab Pekalongan distribusikan 4.150 paket sembako di Kec. Doro

METROPOS.ID, KAB.PEKALONGAN –Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si dengan didampingi Ketua Komisi IV DPRD Kab. Pekalongan HM. Kholis Jazuli beserta seluruh anggota salurkan 4.150 bantuan paket sembako di Kec. Doro untuk masyarakat yang terdampak pandemi COVID -19. Bantuan paket sembako ini merupakan bantuan yang bersumber dari Dana APBD Kab. Pekalongan tahun 2020 untuk program jaring pengaman sosial, Selasa (28/4/2020).

Bupati menegaskan, bahwa bantuan ini wajib didistribusikan secara langsung oleh para Kades ke masing-masing rumah warga, sekaligus untuk mengetahui kondisi sosiologis rumah tangga warganya.

‘’Harapanya mereka tahu kondisi real warganya sekarang, apalagi di daerah Doro ini berbasis pertanian, perkebunan kemudian ada pelaku-pelaku industri konveksi disini juga banyak yang terhenti. Dan ini berdampak ke para karyawanya, jadi ini saya minta kepada para Kades untuk mengantar langsung bantuan ke rumah-rumah warga, sehingga mereka tahu kondisi persis apa yang dialami masyarakatnya,” tegas Bupati Asip.

Bupati Asip menjelaskan hal ini dilakukan untuk perbaikan kebijakan jaring pengaman sosial pada periode yang akan datang.

‘’Hal ini dilakukan untuk perbaikan kebijakan jaring pengaman sosial pada bulan Mei sampai Juni nanti, termasuk formulanya juga akan dibentuk. Kalau nanti hasil pengamatan Kades, jika ada yang perlu diganti, maka akan kita ganti,” jelasnya.

Adapun  kendala untuk program bantuan jaring pengaman sosial periode bulan April ini, Asip mengungkapkan bahwa kendalanya terletak pada pendataan, dimana ditingkat desa masih ada pendataan yang belum fix.

‘’Kendalanya adalah untuk pendataan karena ditingkat desa masih ada pendataan yang belum fix masih banyak.Tapi mengingat ada skema sampai tujuh skema bantuan, saya kira itu akan tertutup semua,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Kab. Pekalongan HM.Kholis Jazuli menambahkan bahwa untuk bantuan paket sembako ini sebenarnya tidak ada anggarannya, namun demi membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID -19 ini, Pemkab Pekalongan dengan DPRD Kab. Pekalongan mengupayakan diadakanya anggaran untuk membantu masyarakat yang bersumber dari APBD tahun 2020.

Adapun untuk jumlahnya sendiri, HM.  Kholis Jazuli menjelaskan bahwa anggaran sebesar Rp 53,9 milyar ini sementara untuk menanggulangi COVID -19, termasuk dalam penanganan kesehatannya yang besarnya sekitar Rp 25 milyar, serta yang melalui Dinas Sosial sebesar Rp 22,5 milyar.

“salah satunya anggarannya di berikan warga di Kec. Doro yang nominalnya Rp 150 ribu/KK dalam bentuk bantuan sembako,” tambahnya. (Mit/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed