oleh

Kampanye Sosial Ala Mahasiswa FTIK Universitas Semarang, Di Masa Pandemi

METROPOS.ID, SEMARANG – Sebagai bentuk kepedulian terhadap berbagai dampak yang disebabkan oleh pandemi COVID -19. Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikaasi (FTIK), Universitas Semarang (USM) menggelar rangkaian kampanye sosial.


Kampanye sosial tersebut menggunakan platform medsos (media sosial) seperti Instagram, facebook dan youtube. Dan  dijalankan mulai pertengahan Desember 2020 dan masih berlangsung selama bulan Januari 2021. 


Tema-tema yang diangkat dalam kampanye sosial tersebut adalah kesehatan mental, Ketahanan Pangan, Ketahanan Finansial, Tetap Kreatif di saat Pandemi, dan Aman Keluar Rumah dengan Prokes. Melalui tema-tema tersebut diharapkan kampanye sosial ini dapat menggugah kesadaran masyarakat mengenai berbagai dampak yang mungkin diakibatkan selama pandemi COVID -19.

Salah satu kampanye sosial kesehatan mental yang dilakukan mengambil topik “Your Sanity Matters” mengajak masyarakat untuk mulai memperhatikan kesehatan mental dirinya sendiri maupun orang-orang di sekitar mereka.

Melalui tagar #janganlupabahagia, kampanye sosial ini menyebarkan konten-konten positif di platform-platform medsos untuk mengurangi tekanan psikis di masyarakat.

“Kesehatan mental di masa pandemi seperti ini perlu mendapatkan perhatian khusus. Kebanyakan orang menganggap stress atau perasaan cemas sebagai hal yang biasa, namun jika tidak diatasi dengan baik maka akan dapat mengganggu kesehatan”, ujar Timotius Andreawan sebagai salah satu penyelenggara kampanye sosial.

Kampanye lain yang juga dilakukan adalah kampanye sosial yang memberikan ide-ide kreatif mengenai ketahanan pangan. Salah satunya adalah gagasan tentang menghasilkan pangan sendiri melalui kegiatan berkebun.

Melalui akun @pakuteter dan @nandurkas.smg, mahasiswa Ilmu Komunikasi mengajak warga untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber pangan mereka sendiri. Untuk tema produktif di kala pandemi, mahasiswa Ilmu Komunikasi FTIK USM membagikan informasi dan juga menyelenggarakan webinar mengenai “Kreatif dengan Berwirausaha”.

Tagar #UsahaAjaDulu mengajak masyarakat agar mampu menyiasati kesulitan ekonomi di masa pandemi dengan mengoptimalisasikan potensi wirasuaha mereka.

Mengelola keuangan secara tepat dipilih untuk mengkampanyekan Ketahanan Finansial. Pengelolaan keuangan yang diklasifikasikan dalam 3 kategori adalah informasi-informasi yang dibagi melalui tagar #KeepitSimple.

Diharapkan informasi-informasi tersebut akan dapat digunakan untuk mengatur keuangan jaga panjang masyarakat. Salah satu kampanye yang tidak kalah penting adalah Tetap Aman Walau Keluar Rumah.

Kampanye ini memprioritaskan pada warga masyarakat yang harus tetap bekerja di luar rumah, seperti pedagang di pasar. Ajakan untuk menerapkan Prokes secara ketat ketika terpaksa harus bekerja di luar rumah melalui video dan konten iklan layanan masyarakat adalah cara untuk mengkampanyekan tagar #StopPenyebaranAyoCegah melalui akun Instagram @staysafe_withmee.

“Informasi terkait penerapan Prokes secara ketat diharapkan dapat tersebar luas dengan secara maksimal sehingga masyarakat yang terpaksa harus keluar rumah karena pekerjaan dapat menerapkannya dengan baik dan meminimalisir penyebaran virus”, ungkap salah satu mahasiswa yang terlibat dalam kampanye sosial tersebut.

Rangkaian kampanye dengan berbagai tema di atas adalah bentuk kepedulian mahasiswa Ilmu Komunikasi FTIK USM khususnya mahasiswa yang mengambil mata kuliah Manajemen Public Relations. Melalui kampanye tersebut, harapan yang disampaikan adalah bagaimana mahasiswa dapat berpartisipasi secara aktif di masyarakat dalam masa pandemi COVID -19 yang sudah berlangsung hampir 1 tahun di Indonesia.

Harapannya adalah masyarakat menyadari dampak-dampak yang disebabkan oleh pandemi COVID – 19 dan dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi dampak tersebut. Ilmu Komunikasi adalah salah satu progam studi dari Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang yang memiliki kompetensi lulusan di bidang Komunikasi Strategis, Media Massa, dan Industri Kreatif. Ilmu Komunikasi FTIK USM telah terakreditasi B oleh BAN PT. Berbagai kegiatan kemasyarakatan telah dilakukan sebagai bentuk partisipasi aktif pada masyarakat, salah satunya adalah kampanye sosial yang memiliki manfaat bagi masyarakat. (Dwi/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed