oleh

Tangkal Radikalisme, Hendi Ingin Kampung Pancasila Ada di Seluruh Wilayah Kota Semarang

-Semarang-46 views

Hendi Walikota Semarang ikut menari saat peluncuran kampung Pancasila (Foto Infokom)

Metropos.id, Semarang – Kampung Pancasila di harapkan bisa berperan sebagai vaksin guna menangkal radikalisme. Hal tersebut disampaikan Walikota Semarang Hendrar Prihadi atau Hendi saat meluncurkan Kampung Pancasila di RW 04 Kelurahan Mangunharjo, Tembalang, Kamis (19/5/2022).

Bersama Kodim 0733 BS/Kota Semarang, Hendi menjelaskan jika Kampung Pancasila akan dibentuk di tiap-tiap Kecamatan di Kota Semarang. Hal ini sebagai upaya menumbuhkan sikap dan menanamkan nilai-nilai Pancasila di hati setiap warga negara.

“Melalui program Kampung Pancasila ini masyarakat terus diingatkan untuk tetap teguh pada Pancasila karena sering kali lupa dan abai apalagi dengan adanya kemajuan teknologi, kadang-kadang meniru suatu hal yang kurang pas dengan budaya Indonesia,” jelas Hendi.

Untuk itu, dirinya mengingatkan warga masyarakat supaya kegiatan ini jangan hanya dilihat sebatas ceremony dan kembali memperdebatkan hal yang memicu keretakan, namun terus dilakukan untuk kemajuan Kota Semarang khususnya.

“Makanya dengan diingatkan Pak Dandim lewat Kampung Pancasila, mudah-mudahan RW 04 Mangunharjo menjadi contoh tingkat nasional. Ini menjadi sebuah pedoman untuk kita berkehidupan sehari-hari dengan baik sesuai dengan dasar Pancasila,” pinta Hendi.

Persoalan mengenai kebangsaan, Pancasila, NKRI menurut Hendi menjadi sebuah syarat mutlak untuk kita sebagai orang yang besar, sekolah dan kerja di Indonesia khususnya Semarang.

“Jadi tidak perlu didiskusikan lagi tentang NKRI, NKRI harga mati ya itu memang benar, Pancasila sebagai dasar karena dulu sudah diselesaikan oleh para pemimpin bangsa sebelum merdeka. Hari ini, tugas kita mengisi kemerdekaan dengan pembangunan sesuai bidang kita masing-masing,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Hendi juga memberikan apresiasi kepada Dandim 0733 BS/Kota Semarang, Honi Havana atas kontribusinya yang telah membuat Kampung Pancasila dan juga Bazar Kampung Pancasila.

“Maka ini merupakan salah satu bagian dari upaya untuk mengingatkan agar adik-adik paham. Mereka tinggal di Indonesia, dasarnya Pancasila maka mereka wajib tumbuh besar dan mampu berkompetisi semuanya untuk kemajuan NKRI,” pungkas Hendi. (@wg/Qil/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed