oleh

Deteksi Pelanggar Lalin, Satlantas Polres Semarang & Polda Jateng Ujicoba Drone ETLE

Petugas Satlantas saat melihat Drone ETLE beroperasi dalam uji coba. (Foto Heru).

Metropos.id, UNGARAN – Dalam rangka memantau dan mendeteksi pelanggar lalulintas di jalur Ungaran, Kab Semarang diujicobakan dengan penggunaan Drone ETLE. Ini dilakukan Polda Jateng bersama Polres Semarang di sepanjang jalur utama Ungaran pada Jumat (27/1/2023).

Kasat Lantas AKP Dwi Himawan C menjelaskan, bahwa selain menggunakan camera CCTV dan tilang manual, Satlantas Polres Semarang akan melakukan pantauan serta mendeteksi pelanggaran dijalan raya menggunakan Drone ETLE tersebut. Ini dilaksanakan secara bersama jajaran Dit Lantas Polda Jateng menggandeng Assosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) Semarang.

“Hari ini kita melakukan uji coba pemantauan pelanggaran di jalur utama Ungaran. Harapan kami dapat mendeteksi pelanggaran pelanggaran yang tidak tercover oleh CCTV maupun personel lalu lintas di jalan. Untuk uji coba ini, kita mengambil lokasi di Jalan Diponegoro Ungaran, Kab Semarang tepatnya di persimpangan Kantor Pegadaian Ungaran. Selama 15 menit Camera Drone diterbangkan dan dapat memantau sedikitnya 5 pelanggaran yang melintas di lokasi uji coba,” jelas AKP Dwi Hinaan kepada metropos.id di lokasi uji coba.

Hadir dalam kegiatan uji coba antara lain Kasigar Dit Lantas Polda Jateng Kompol Ilham Syafriantoro Sakti beserta jajaran Subdit Gakkum Dit Lantas Polda Jateng, Kaur Bin Ops dan Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Semarang. Sementara itu,

Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra menyampaikan, bahwa pihaknya sangat apresiasi dan menaruh harapan adanya pengembangan teknologi untuk memantau pelanggaran lalu lintas ini.

“Yang jelas, langkah yang dilakukan jajaran Satlantas ini akan dapat menekan angka vatalitas kecelakaan di jalan raya terutama di wilayah hukum Polres Semarang. Sekali lagi, kami sangat apresiasi akan langkah ini,” pungkasnya. (Heru/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed