oleh

Politisi PAN : Karantina Wilayah Wabah Corona, Pasokan Kebutuhan Pokok Wajib Terpenuhi

METROPOS.ID, SOLO – Setelah berbagai pihak menyuarakan lockdown atau karantina untuk memutus mata rantai penularan virus corona (Covid-19), pemerintah pusat rupanya bergeming. Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan, saat ini sedang digodog Peraturan Pemerintah (PP) tentang karantina wilayah pandemi virus corona.

Jika rencana pemberlakuan karantina wilayah hanya untuk daerah yang masuk zona merah penyebaran virus corona, maka selain Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), wilayah Solo Raya di Jateng semestinya juga masuk daerah yang bakal terkena karantina wilayah.

Menanggapi rencana tersebut, politisi sekaligus instruktur nasional PAN, Heru Cipto Nugroho mengatakan, jika karantina diberlakukan maka
pemerintah juga harus memastikan pasokan kebutuhan pokok, baik untuk warga Jakarta maupun warga daerah luar yang terdampak.

“Karantina wilayah dapat berjalan maksimal jika ada kerja sama yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan aparat TNI/Polri,” kata Heru CN di Solo, Senin (30/3/2020).

Sesuai bunyi dalam UU Nomor 6 Tahun 2018, pemerintah pusat memiliki kewenangan menetapkan status karantina wilayah. Oleh karenanya, sebagai putra daerah asli Klaten, Heru mendesak segera diberlakukan sebagai upaya bersama untuk menjaga kesehatan dan keselamatan seluruh warga negara.

“Agar ada kepastian bahwa keputusan karantina wilayah itu berjalan, maka juga diperlukan koordinasi dengan TNI/Polri untuk melakukan patroli secara ketat, namun tidak dengan cara – cara kekerasan,” ucap pria yang ramai disebut bakal maju Pilkada sebagai bacalon Wakil Bupati Klaten mendampingi bacalon Bupati Klaten, Arif Budiyono ini.

Namun begitu, dalam situasi sekarang, Heru menyampaikan, ia dan sejumlah tokoh dan relawan sesama putra daerah tengah fokus menggalang kekuatan menghadapi persoalan wabah corona terlebih dulu.

“Apalagi beberapa hari ini, ribuan pemudik dini secara bergelombang berdatangan di sejumlah daerah. Yang paling banyak seperti, Wonogiri, Sukoharjo, dan Klaten. Ini harus kita hadapi bersama agar Indonesia segera terbebas dari virus Corona,” ujarnya.

Untuk itu, Heru CN juga menghimbau bagi pengusaha daerah yang berhasil dan kelebihan rejeki agar membantu masyarakat yang sekarang ini sangat membutuhkan uluran bantuan guna menopang kehidupan mengingat perekonomian saat ini sedang masa sulit.

“Mari bersama membantu terutama kebutuhan Pokok rumah tangga dan kebutuhan lainnya,” pungkasnya. (Naura/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed