oleh

Tiga Tim PKM UVBN Lolos PIMNAS ke-33 Tahun 2020 

METROPOS.ID, SUKOHARJO – UVBN (Universitas Veteran Bangun Nusantara) Sukoharjo berhasil meloloskan 3 tim PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) ke PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) ke-33 tahun 2020 dari 8 tim yang lolos pendanaan PKM Kemendikbud bulan Agustus lalu.

PIMNAS merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa Diploma dan S1 tingkat nasional yang diadakan oleh Kemendikbud, dimana dalam ajang ini akan bertanding mahasiswa dari berbagai universitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Tim PKM UVBN Sukoharjo yang lolos ke PIMNAS terdiri dari 2 tim PKM-M dan 1 tim PKM-GT,” terang Kepala Humas dan Kerjasama UVBN, Catur Rini S dalam rilisnya, Sabtu (31/10/2020).

Adapun tim PKM- M (Pengabdian kepada Masyarakat) yang lolos PIMNAS sebutnya, berjudul Pelatihan Pembuatan Lilin Jelantah untuk Anak-Anak Desa Siwal sebagai Upaya Pemanfaatan Minyak Bekas Menjadi Barang Bernilai Ekonomis, di ketua oleh Nuri Suryani dengan dosen pembimbing Singgih Subiyantoro.

“Tim PKM-M lainnya yang di ketuai oleh Bella Cyntya Maharani dengan dosen pembimbing Henny Sri Kusumawati, lolos PIMNAS dengan judul Pemberdayaan Masyarakat melalui Natural Ingredient berupa Ecoprint Guna Meningkatkan Perekonomian di Dusun Tukluk Wonogiri,” paparnya.

Sedangkan yang ketiga, PKM- GT (Gagasan Tulis) berjudul Sistem Sekuestrasi Geologis Karbon Dioksida Limbah Pabrik yang di ketuai oleh Amellia Ayu Safira dengan pembimbing Aunir Komariah, menjadi satu-satunya PKM dari PKM- KT (Karya Tulis) yang lolos dari tim PKM UVBN ke PIMNAS 2020.

“Lolosnya 3 tim PKM UVBN ke PIMNAS, merupakan hasil kerja keras tim setelah melewati serangkaian seleksi selama beberapa bulan, mulai dari pengajuan proposal, pendanaan, serta monev,” terang Catur.

Dijelaskan, tahun ini, pelaksanaan PKM-M memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini PKM-M dilakukan secara daring, karena tidak dapat dilakukan langsung bertemu dengan mitra.

“Hal ini tentu saja menuntut tim PKM untuk lebih kreatif membuat tampilan video pelatihan kegiatan yang mudah dipelajari dan diaplikasikan oleh mitra. Selain itu, tim harus mengikuti kegiatan monev internal dan eksternal,” ujarnya.

Sebelum ke tahap monev esternal, tim Satgas PKM UVBN melaksanakan monev secara internal sebagai persiapan dalam menghadapi monev eksternal. Ini bertujuan untuk menilai kemajuan peserta dalam pelaksanaan kegiatan PKM tahap akhir, yaitu monev eksternal yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 7 Oktober 2020 lalu.

Ketua Tim Satgas PKM UVBN, Afriyanti mengungkapkan, lolosnya 3 tim ini merupakan kebanggaan tersendiri setelah beberapa tahun terakhir hanya berhasil mengirimkan satu perwakilan tim PKM ke PIMNAS.

“Setelah keluarnya  pengumuman ini, kami akan segera menghubungi ketiga tim yang lolos untuk segera menyiapkan masing – masing kelompoknya,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Rektor III UVBN, Sodikin menanggapi lolosnya 3 tim UVBN ini menyampaikan apresiasi dan penghargaannya atas lolosnya tim PKM ke tingkat nasional.

“Ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi kami bisa mengirimkan 3 tim PKM sekaligus di ajang PIMNAS, semoga hal ini dapat menjadi pemicu dan motivasi bagi mahasiswa kami agar semakin banyak tim PKM yang berhasil melaju ke tingkat nasional,” pungkasnya. (Naura/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed