oleh

Bekali Mahasiswa Wawasan Kebangsaan, UVBN Gandeng Brigif MR 6/TSB/ Kostrad

Rektor UVBN Ali Mursyid bersama Danbrigif MR 6/TSB/2 Kostrad, Letkol Inf Dodi Triyo Hadi menandatangani MoU pendidikan wawasan kebangsaan kepada mahasiswa baru (foto Istimewa)

METROPOS.ID, SUKOHARJO – Universitas Veteran Bangun Nusantara (UVBN) Sukoharjo menjalin kerjasama dengan Brigif Mekanis Raider 6/TSB/2 Kostrad yang bermarkas di Palur, Mojolaban, Sukoharjo untuk membekali mahasiswa dengan memberi pendidikan wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara.

Kepala Humas dan Kerjasama UVBN, Catur Rini Sulistyaningsih dalam rilisnya kepada wartawan menyampaikan, penandatanganan naskah nota kerjasama (MoU) telah dilakukan antara Rektor UVBN Ali Mursyid dengan Danbrigif Mekanis Raider 6/TSB/2 Kostrad, Letkol Inf Dody Triyo Hadi.

“Penandatanganan MoUnya, Kamis (12/11/2020) kemarin di Markas Brigif Mekanis Raider 6/TSB/2 Kostrad,” kata Rini, Jum’at (13/11/2020).

Dalam kesempatan itu, Rektor menyampaikan tujuan kerjasama adalah dalam rangka penanaman pendidikan karakter wawasan kebangsaan, cinta tanah air, dan bela negara kepada mahasiswa baru yang ditangani oleh orang yang berkompeten, dalam hal ini Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Sehingga nanti menumbuhkan jiwa patriotisme dalam diri mahasiswa akan lebih mengena. Mudah-mudahan kerjasama ini menjadi awal yang baik dan berkesinambungan. Sehingga jalinan antara perguruan tinggi dengan pihak lain bisa berjalan dengan baik apalagi peraturan Mendikbud yang baru ini medeka belajar, artinya narasumber kami carikan kepada yang sangat kompeten,” terangnya.

Sementara, Danbrigif MR 6/TSB/2 Kostrad, Letkol Inf Dody Triyo Hadi, menyambut baik atas jalinan kerjasama ini. Pada prinsipnya Brigif Mekanis Raider 6/TSB/2 Kostrad yang berada di wilayah Sukoharjo ingin keberadaanya selalu diterima di tengah masyarakat.

“Alhamdulillah civitas akademi yang diwakili Pak Rektor Univet Bantara (UVBN) ini mempercayakan kepada kami untuk bekerjasama dalam turut terlibat membina atau mendidik mahasiswa. Kami ingin turut membangun karakter mereka, turut membangun wawasan kebangsaan dan rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Dan Brigif juga berpesan kepada generasi muda untuk mencintai Negara Indonesia dan bersyukur menjadi orang yang terlahir di Negera Kesatuan Republik Indonesia. Karena Negara Indonesia sangat indah penuh dengan keanekaragaman budaya dan suku bahasa.

“Ini membuat kami menjadi manusia yang lengkap karena kami terbiasa melihat keanekaragaman. Sehingga kami perlu hidup dengan rasa toleransi yang tinggi. Tidak boleh merasa paling hebat tapi kita bersatu untuk kejayaan Negara kita,” harapnya.

Sebagai tindak lanjut, usai penandatanganan MoU juga dilaksanakan pembekalan oleh Danbrigif kepada mahasiswa baru UVBN dengan materi bina mental kebangsaan secara daring melalui aplikasi zoom meeting. (Naura/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed