oleh

40 Wartwan Ikuti Uji Kompetensi di Demak

-News-191 views

Metropos.id,Demak – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kembali di gelar di Ruang Ballroom Hotel Amantis Jalan Lingkar Demak-Kudus di Desa Jogoloyo Kecamatan Wonosalam, Sabtu (6/4/2019).UKW tersebut di ikuti setidaknya ada 40 wartawan dari berbagai media, yang di hadiri Wakil Bupati Demak Drs.Joko Sutanto, Dan Unit Inteldim 0716/Demak /mewakili Dandim 0716/Demak Lettu Chb.Ajit Anggono, Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar, SIK, Ketua PWI Pusat Hendro Basuki, Ketua PWI Jateng Amir Mahmud beserta pengurus, Ketua PWI Demak Hasan Hamid beserta pengurus dan PLT Diskominfo Demak Daryanto.

Dalam Kesempatan itu PWI Pusat Hendro Basuki menyampaikan wartawan yang sudah kompetensi sekitar sebelas ribu dari UKW yang dilaksanakan diwilayah dari Sabang sampai Merauke untuk itu diharapkan setiap wartawan harus ikut sertifikasi untuk melindungi dari semua pihak termasuk dari hukum ataupun wartawan itu sendiri.

“Pengaduan pertahun rata-rata 400 sampai 500 yang kasusnya hantam dulu hitung belakang, hal seperti itu harus dirubah sehingga tidak melanggar kode etik,” ungkapnya.

Hendro juga menjelaskan bahwa pada tahun 2019 ini, nilai UKW rata-rata harus diatas tujuh sehingga apa bila kurang dari tujuh harus peserta mengulang lagi.

Sedangkan Amir Mahmud selaku Ketua PWI Jateng menambahkan bahwa UKW ini adalah yang ketiga belas kali, yang bertujuan agar jurnalis bisa menjadi pemersatu bangsa dan menjadi jurnalis yang profesional.

“Dalam penyajian suatu berita harus berpegang pada kode etik sehingga santun dan berkualitas isi berita tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu Wakil Bupati Demak Drs.Joko Sutanto mengatakan bahwa UKW itu ibarat pengemudi adalah ujian mencari SIM yang diawali dari dasar dimulai dari tingkat muda, madya dan utama sehingga diharapkan profesional serta santun dalam penyajian berita.

“Wartawan punya andil besar dalam kemajuan Kabupaten Demak maka dari itu mari kita kerjasama sesuai semboyan guyub rukun bangun Demak,” pungkasnya. (Adi/Dim/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed