oleh

Tingkat Kelulusan 100%, 75% Lulusan SMKN 2 Kendal Sudah Diterima Kerja

-Peristiwa-129 views

Metropos.id,Kendal – Sebanyak 462 siswa dari 7 jurusan diwisuda kelulusan. Sejumlah 268 lulusan SMK N 2 Kendal diterima kerja di berbagai industri. Sedangkan 97 lulusan lainnya sudah bekerja.

Prosesi pelepasan dan wisuda dilakukan di halaman sekolahan, Kamis (16/5/2019). Acara itu dihadiri pejabat dari Disdikbud Cabang 13 Provinsi Jateng.

Kepala SMK N 2 Kendal Maryono, didampingi Waka Humas SMK N 2 Kendal Setyo Raharjo, mengatakan, prosesi pelepasan dan wisuda dihadiri orangtua siswa dan komite.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kelulusan tahun ini mencapai 100 %. Dan kami bersyukur setiap tahunya 75 % lulusan SMK N 2 Kendal diterima kerja di berbagai perusahaan industri. Sementara 25 persen masih menunggu panggilan kerja.

“Sekolahan sudah jalin kerjasama dengan berbagai perusahaan industri. Sebelum lulus, siswa sudah mengikuti proses perekrutan kerja di berbagai perusahaan industri,”jelasnya.

Maryono, mengungkapkan, sebagai lulusan SMK yang sudah mengantongi bekal keahlian, maka sudah menjadi keharusan di era industri ini untuk tidak hanya mengandalkan bekerja dari perusahaan industri.

“Siswa dituntut untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan berwirausaha,” harapnya.

Menurutnya, hal ini sesuai penekanan dari kementerian soal kewirausahaan. Sehingga siswa diarahkan untuk berwirausaha. Termasuk intruksi terbaru bahwa sekolah merupakan bagian dari kewirausahaan.

“Semua kegiatan siswa yang bisa berwirausaha dicatat dan diarahkan pengelolaan keuanganya,” imbuhnya.

Maryono, menambahkan, berdasarkan catatan sekolah, dibandingkan dengan yang sudah terserap bekerja di berbagai perusahaan industri, bahwa jumlah lulusannya yang sudah sukses berwirausaha masih relatif sedikit.(Eko/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed