oleh

Cegah Covid-19 Meluas, Muhammadiyah Tunda Muktamar

METROPOS.ID, Sukoharjo – Seiring meningkatnya kasus virus korona atau Covid-19 di berbagai daerah, beberapa agenda kegiatan yang melibatkan banyak orang, oleh pemerintah dihimbau untuk ditangguhkan.

Sebaran virus korona yang telah ditetapkan WHO sebagai pendemi global, disikapi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dengan menunda pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48.

Sedianya muktamar akan digelar pada 1-5 Juli 2020 mendatang di Edutorium baru kampus UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta), dan pembukaan dijadwalkan digelar di Stadion Manahan Solo.

Informasi yang didapat, muktamar di jadwalkan ulang akan diselenggarakan  pada tanggal 24-27 Desember 2020 mendatang.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Sukoharjo, Wiwaha Aji Santosa, bahwa pelaksanaan muktamar yang disebut – sebut bakal dihadiri ratusan ribu peserta, bahkan jika termasuk penggembira bisa mencapai 1 juta, ditunda, atau diundur.

“Tindak lanjut terkait diundurnya pelaksanaan muktamar, kami mengambil sejumlah langkah, pertama menyampaikan informasi awal kepada Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se- Sukoharjo melalui WAG,” terangnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (19/3/2020).

Menurut penjelasan Wiwaha, informasi awal itu telah disampaikan sebelum surat resmi akan dibuat menyusul setelah PD Muhammadiyah Sukoharjo mendapat pemberitahuan resmi dari PP Muhammadiyah.

“Saat ini hal yang bisa dilakukan guna menunjang kesuksesan pelaksanaan muktamar tetap kami lakukan misalnya, persiapan penampilan Tapak Suci, dimana saya menjadi salah satu penanggung jawabnya. Persiapan dengan latihan terus dijalankan,” ujarnya.

Wiwaha pun berharap dengan pengunduran pelaksanaan muktamar ini bisa membawa manfaat bagi ummat, yakni dapat memutus rantai penyebaran pandemi virus korona di tanah air.

“Selain itu juga lebih membawa¬† maslahah untuk Persyarikatan Muhammadiyah maupun Aisyiyah,” tutupnya. (Naura/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed