oleh

Bintek Kewirausahaan, Belajar Mengolah Kuliner Kelapa Muda Dari Anggota TNI

-Sukoharjo-179 views

Mega Untoro seorang wirausaha yang juga prajurit TNI AU melakukan demo membuat kopi degan dalam Bintek Kewirausahaan bagi pelaku UMKM Sukoharjo. (foto Naura)


METROPOS.ID, SUKOHARJO – Berbekal semangat pantang menyerah dalam menggeluti dunia wirausaha, seorang prajurit TNI AU mendulang sukses dengan usaha sampingan berupa membuat kreasi olahan minuman es kelapa muda jelly. Minuman ini sekarang diminati banyak kalangan penyuka dua jenis kuliner kelapa muda dan jelly dalam satu kali santap.

Adalah Mega Untoro (41) pria asli Sukoharjo yang saat ini masih berdinas aktif sebagai anggota Paskhas TNI AU di Yogyakarta. Berkat ide cemerlangnya, ia sukses mengkreasikan air kelapa muda dan isinya dibuat jadi olahan jelly.


Tak hanya membuat kreasi es kelapa muda jelly, ia juga memodifikasi air kelapa muda menjadi minuman kopi dengan bermacam jenis kopi. Menariknya, kopi buatannya ini disajikan diatas batok kelapa yang sudah dikupas dengan bentuk rapi dan mengundang selera.


“Saya sejak masih sekolah sudah senang dengan dunia wirausaha ini. Bahkan,  dulu berdua bersama kakak, saya pernah mengasong (jualan keliling) sampai Boyolali. Meskipun sudah jadi tentara selama 20 tahun, wirausaha tetap saya tekuni sampai sekarang,” ungkapnya.


Atas kesuksesannya itu, Dinas Perdagangan Koperasi (Disdagkop) UKM Sukoharjo pun tertarik mengandengnya untuk memberi memotivasi pada pelaku UMKM di Sukoharjo melalui Bintek Kewirausahaan di Resto SS, Mandan, Sukoharjo, Selasa (17/11/2020).


“Hari ini kami undang perwakilan per klaster UMKM. Ada klaster makanan olahan, batik, rotan dan lain sebagainya, kami ketemukan bersama untuk mendapatkan motivasi melalui succes story dari seorang pelaku UMKM asli Sukoharjo,” kata Kepala Disdagkop dan UKM Sukoharjo Sutarmo.


Melalui Bintek bertema’ Pengembangan Kewirausahaan di Era New Normal Pandemi COVID -19′ ini, ia ingin menjadikan minuman olahan kelapa muda kreasi Mega Untoro sebagai ikon Sukoharjo. Upaya itu akan dilakukan dengan memberi sejumlah bantuan fasilitas berupa pembinaan dan kemudahan perizinan usaha agar berkembang di Sukoharjo.


“Nantinya, kami juga akan memfasilitasi para pelaku UMKM di Sukoharjo yang mau bekerjasama dengan produk olahan Mega Untoro ini. Kerjasama itu bentuknya bisa semacam franchise atau waralaba. Termasuk kerjasama untuk pengadaan bibit kelapanya,” ujarnya.


Minuman kelapa muda jelly disebutkan tidak menggunakan bahan-bahan pengawet, semuanya alami. Untuk bahan baku kelapa menggunakan kelapa muda yang dipilih khusus agar mudah dikupas. Selain itu juga memiliki kualitas yang cocok untuk dibuat minuman kelapa jelly.


“Jadi ini tidak sembarang degan (kelapa muda-Red). Dia ini memang sudah pintar dan memiliki pengalaman mengetahui mana kelapa yang bagus untuk membuat minuman kelapa muda jelly. Adapun  jenis kelapanya, sebenarnya bermacam- macam,” pungkas Sutarmo. (Naura/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed