oleh

Lima Kali Berturut-turut Pemkab Sukoharjo Raih Opini WTP

METROPOS.ID, SUKOHARJO – Apresiasi diberikan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kepada Pemkab Sukoharjo yang kembali meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Kemenkeu melalui Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta, Sugiarso, menyampaikan apresiasinya lantaran opini WTP ini diraih Pemkab Sukoharjo 5 kali berturut-turut dari 2016 hingga 2020.

“Ada 4 kriteria penilaian dalam mendapatkan opini WTP atas LKPD ini,” terang Sugiarso kepada wartawan usai menyerahkan penghargaan di Lobi ruang Bupati Sukoharjo, Kamis (5/11/2020) sore.

Disebutkan, 4 kriteria itu, kesesuaian dengan standar-standar pelaporan keuangan, kelengkapan pelaporan disertai bukti-bukti yang cukup, kesesuaian dengan peraturan pemerintah atau regulasi yang ada, dan konsistensi kepatuhan unit-unit internal Pemkab.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya usai menerima penghargaan menyampaikan, penghargaan yang di dapat merupakan bukti nyata bahwa Pemkab Sukoharjo telah menunjukkan komitmen dan kinerja yang baik pada masyarakat.

“Kami berkomitmen mempertanggungjawabkan setiap penggunaan uang negara secara transparan dan akuntabel sesuai dengan kaidah-kaidah pelaporan yang baik dan benar dalam Standar Akuntansi Pemerintah (SAP),” jelasnya.

Capaian opini WTP 5 kali berturut-turut ini menurutnya, akan menjadi kebanggaan serta cambuk untuk terus ikut serta dalam mewujudkan “clean and good governance” sebagaimana telah dicita-citakan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

“Saya berharap seluruh ASN bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi serta integritas tinggi. Harapannya, opini WTP dapat kembali diraih di tahun-tahun mendatang,” tandasnya. (Naura/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed